Jual di Marketplace Apakah Beneran Untung?

Tahun 2023 telah berakhir, sudah saatnya evaluasi apa sudah terjadi di tahun 2023. Salah satunya yaitu evaluasi bisnis retail yang jualan menggunakan media online marketplace. Apakah bisnis di marketplace beneran untung atau buntung?. Dalam hal ini penulis mengamati 3 marketplace besar di Indonesia yaitu Shopee, Lazada dan Tokopedia.


 

Harga pembentuk harga jual terdiri dari beberapa komponen yaitu biaya produksi, pengiriman, biaya SDM, packing dan satu lagi apabila jualan di marketplace yaitu Fee atau biaya layanan. Fee untuk marketplace kadangkala tidak diperhatikan karena nilainya relatif kecil. Akan tetapi jika diakumulasi akan memunculkan angka yang cukup fantastis untuk sekelas usaha UMKM.

Pada tahun 2024 ada beberapa perubahan skema maupun tarif fee atau layanan untuk beberapa marketplace.

Tokopedia


Dapat dilihat di tabel bahwa untuk Reguler Merchant relatif lebih hemat daripada Power Merchant. Tarifnya sendiri terbagi menjadi 5 kategori. Untuk detail kategorinya bisa mengunjungi link berikut. Penulis sendiri menjual peralatan dapur yang masuk Kategori Grup 1 sehingga dikenakan fee Reguler Merchant sebesar 3.8%.

Shopee


Shopee terlihat lebih beragam dibandingkan Tokopedia dalam hal pengenaan biaya layanan / fee untuk seller. Penulis juga menjual peralatan dapur di Shopee dengan Fee sebesar 6.5% kategori A1 penjual Star/Star+. Detail pengenaan tarif layanan bisa dilihat di link berikut.

Lazada

Di marketplace Lazada, mirip seperti Shopee, dibedakan beberapa skema tarif.

Pada Lazada, penulis sebagai penjual marketplace biasa dan masih dengan jualan yang sama yaitu peralatan dapur dikenakan fee sebesar 6% karena kategori produk A.

Kesimpulan

Dari ketiga marketplace diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan status penjual marketplace biasa dan kategori barang untuk peralatan dapur, tarif Fee termurah ada pada Tokopedia yaitu 3.8%. Akan tetapi tarif yang murah tidak serta merta membuat jualan kamu laris di Tokopedia.

Perlu strategi khusus tiap marketplace agar profit tidak tergerus oleh biaya Fee. Misal dengan membuat promo diskon menarik maupun free ongkos kirim. Terakhir jangan salah hitung harga jual, jangan dikira seolah-olah untung padahal buntung.

Jadi Jual di Marketplace Apakah Beneran Untung?

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar