Beli Pertama Kali Sepeda Roadbike Pacific Factor 3.0

Riset Mendalam Terhadap Sepeda Roadbike Yang Akan Menjadi Incaran

Hal ini penting agar sobat lifekit nggak kosongan banget pengetahuannya terkait sepeda ini. Ada beberapa cara agar memenuhi kekosongan informasi yaitu dengan mengikuti forum-forum seperti di facebook atau forum di real life serta bisa tanya-tanya teman yang uda terjun di dunia roadbike lebih dulu. Ketika masuk ke forum, kamu akan bisa melihat kelebihan kekurangan suatu sepeda atau sparepartnya dan bagaimana solusinya. Apabila beruntung, kamu juga bisa membeli barang murah berkualitas dari forum tersebut. Info-info yang dishare di forum tersebut juga sangat berguna. Kami beli sepeda roadbike juga karena info di forum tersebut yang mengatakan bahwa harga sepeda udah turun jauh dan kami klarifikasi di marketplace seperti shopee dan tokopedia. Tidak semua merk turun seperti polygon harganya sangat stabil, berbeda dengan pacific yang diskon gede-gedean. Ada beberapa kandidat sepeda yang akan kami beli yaitu Pacific Tractor 7.0 dan Roadbike Pacific Factor 3.0.

Cari Referensi Harga dan Kualitas Sepeda Roadbike

Referensi harga bisa dicari dari forum online atau offline, marketplace seperti shopee, tokopedia dan lainnya. Mengerucutlah pada kandidat dengan bajet 2-3 jutaan yaitu Pacific Tractor 7.0 dan Roadbike Pacific Factor 3.0. Apabila udah ketemu incaran, carilah toko offline yang menjualnya. Sebisa mungkin datangi toko sepeda tersebut agar sobat lifekit bisa mencoba langsung gimana enak atau gak enaknya sepeda roadbike.

Datangi Toko Sepeda Roadbike Terpercaya

Ketika mencari di shopee dan tokopedia, kami mendapati satu toko pacific di kawasan Pantai Indah Kapuk. Berdasarkan review dari Google bahwa disana benar-benar menjual sepeda, bahkan bisa dicoba sendiri maka datanglah kami kesana. Pertama ke toko Pasific PIK 2 relatif sepi karena siang hari dan juga merupakan kawasan besar pertokoan sehingga tidak banyak warga berseliweran. Pertama yang kami coba terlebih dulu adalah sepeda Pacific Tractor 7.0. Lumayan enak tapi menurut beberapa review agak riskan di Brifternya karena masih memakai merk Blackbox, berbeda dengan Roadbike Pacific Factor 3.0 yang sudah memakai teknologi Shimano Claris yang sudah terbukti kualitasnya. Maka jatuhlah pilihan pada Roadbike Pacific Factor 3.0.

Spesifikasi Sepeda Roadbike Pacific Factor 3.0

ColorBlue / Black
FrameAlloy 6061 Frame 700C (Size: 460, 480, 500)
ForkCarbon Disc Fork 700C
ShifterShimano Claris R2000, 2×8 Speed
Front DerailleurShimano Claris FD-R2000
Rear DerailleurShimano Claris FD-R2000 8 Speed
Front/Rear BrakesPacific Mechanical Discbrake
CranksetShimano Claris R2000 34/50T
CassetteCassette 8 speed, Shimano CS-HG508, 12-25T
Front/Rear HubShimano HB-TX505 32H, Center Lock
RimsPacific Alloy Double Wall 700C
TiresKenda K193 700x28C
SeatpostPacific Alloy, 30.4x300mm
StemPacific Alloy Ext: 100mm, Barbore: 31.8mm
HandlebarSYTE Alloy W: 420mm, Barbore: 31.8mm
source: https://pacific-bike.com/product/factor-3-0/#

Kelebihan Beli Sepeda Roadbike Pacific Factor 3.0 Secara Offline

Mengapa kami prefer beli sepeda secara offline atau mendatangi tokonya?

  1. Sepeda sudah dirakit oleh toko. Saat kami melihat proses perakitan sepeda Roadbike Pacific Factor 3.0, ada beberapa bagian yang nggak pas. Misal bagian rem depan, bagian dudukannya harus dikurangi ketebalannya agar pas. Kemudian pada waktu akhir mau pulang, ternyata ketika dicoba RD belakang di paling atas dan FD di bawah ternyata rantai los terus, dicoba lagi, los lagi. Ternyata cranknya bengkok dan harus diganti. Coba bayangkan apabila kami membeli online, tentu harus susah payah mengirim balik sepeda ke tokonya atau bengkel terdekat.
  2. Bisa nawar. Benar-benar privillege yang sangat kami sukai, hehehhe. Kapan lagi beli sepeda gratis bottlecage dan diskon kacamata. Waktu itu kami nggak ekspetasi bisa nawar, tapi kok ada celah, yauda tawar saja.
  3. Bisa konsultasi sepuasnya. Konsultasi dari cara pindah ‘gigi’, ukuran sepeda yang cocok, standar yang bisa dipakai dan lainnya. Kami baru tau kalo Roadbike tidak didesain untuk memakai kick stand. Kemudian stem terlalu panjang bisa diganti dengan yang lebih pendek agar lebih enak gowesnya.

Sebagai penutup, sebelum membeli sepeda roadbike, ada baiknya membeli sepeda MTB terlebih dahulu untuk mengetes seberapa niatkah sobat lifekit bersepeda. Happy gowes 🙂


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar