Step by Step Membiasakan Investasi

Membiasakan investasi adalah langkah penting dalam mengelola keuangan Kamu dan mencapai tujuan finansial jangka panjang. Namun, banyak orang merasa cemas atau tidak tahu harus mulai dari mana ketika berbicara tentang investasi. Investasi yang akan dibahas kali ini lebih ke paper base. Berdasarkan pengalaman, Step by Step Membiasakan Investasi dibawah ini bisa menuntun kearah pembiasaan investasi

Menabung Sedikit-sedikit Lama-Lama Menjadi Bukit

Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Agaknya pantun ini bisa diterapkan sepanjang masa. Menabunglah berapapun nominalnya. Saya waktu kecil menabung seribu tiap hari, 1 bulan sudah menjadi 30.000. Lumayan kan. Pernah juga ketika SMP menabung ke bank dengan nominal 20.000 dan malah jadi bahan tertawaan teman. Yakinlah bahwa menabung tidak harus melihat nominal.

Media penyimpanan uang juga beraneka ragam. Bisa dicelengan bentuk ayam, kendi, atau bahkan kaleng bekas kue lebaran. Kenikmatan memecah celengan itu candu banget. Jikalau sudah sekolah bisa mendaftar akun bank agar lebih tertata dan rapi.

Sensasi Uang Tertahan dengan Deposito

Ketika uangmu sudah terkumpul beberapa, deposito bisa menjadi Step Membiasakan Investasi selanjutnya. Rasakan uangmu tertahan beberapa waktu misal sebulan dua bulan. Sensasi ini akan bisa menahan rasa kalapmu akan uang yang sebenarnya kamu punya. Beberapa bank bisa menggunakan fitur online deposito tanpa harus ke cabang banknya. Jadi kamu ga perlu ribet datang ke bank. Tahan sejuta, dua juta, 5 juta untuk beberapa bulan biar feelnya dapat.

Belajar Investasi Paper Asset / Aset Kertas

Ada banyak aset kertas yang bisa kamu gunakan sebagai produk investasi. Beberapa di antaranya seperti reksadana, saham, deposito, dan SBN. Pelajarilah masing-masing investasi tersebut karena mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Pelajarilah betul karena hal ini menjadi penting untuk investasi selanjutnya. Setelah mempelajari dasar-dasar investasi diatas, anda bisa membuat SID. SID adalah Single Investor Identification (SID) merupakan nomor tunggal identitas investor Pasar Modal Indonesia yang diterbitkan oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Sebelum submit pendaftaran SID, kamu akan mengisi survey untuk menentukan profil risikomu. 

Mulai terjun di Paper Asset

Disarankan memulai dari nominal kecil sembari melatih mental Membiasakan Investasi. Pada dasarnya investasi itu risiko rendah, pendapatan rendah, dan risiko tinggi pendapatan tinggi. Mulai dari seratus ribu pun tidak masalah. Lama-lama mental kamu terasah dan bisa menambah porsi modal. Mulai dari reksadana, saham maupun obligasi.

Selamat mencoba 🙂

Disclaimer

Segala segala tindakan yang dilakukan sepenuhnya merupakan risiko yang ditanggung oleh Kamu sendiri

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar