Pesta Pernikahan Nyiapin Apa Ya?

Persiapan untuk pesta pernikahan bisa menjadi tugas yang cukup besar. Apalagi bagi kamu yang ingin menyiapkan bersama pasangan. Tentu dengan perencanaan yang baik, semuanya dapat berjalan lancar. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat mempersiapkan pesta pernikahan:

1. Tanggal dan Lokasi 

Tentukan tanggal dan lokasi pernikahan Anda dengan cermat. Ini akan menjadi titik awal dari perencanaan Anda. Pastikan keluarga sudah sepakat dengan tanggal dan waktu pernikahan.

2. Anggaran Keuangan

Tetapkan anggaran yang realistis untuk pesta pernikahan Anda. Ini akan membantu Anda membuat keputusan yang bijaksana dalam hal pengeluaran. Mungkin nantinya kamu akan bertemu vendor dengan harga fantastis atau malah murah meriah. Pertimbangkanlah. Hidupmu tidak hanya untuk hari pernikahan. Masih ada hari setelah pernikahan yang harus dilalui

3. Undangan Pesta Pernikahan

Buat daftar tamu dan desain undangan yang sesuai dengan tema pernikahan Anda. Mintalah contoh undangan ke percetakan untuk meyakinkan kamu desain undangan. Range 1-2 jt

4. Venue

Pilih tempat yang sesuai dengan jumlah tamu dan gaya pernikahan Anda. Venue bisa dilakukan di gedung atau di sekitar rumah anda. Beberapa hal perlu diperhatikan, bila dilakukan di gedung maka pesanlah jauh hari. Banyak gedung-gedung terutama yang langganan untuk pesta pernikahan yang dipesan setahun sebelumnya, apalagi pernikahan biasanya tanggalnya bersamaan. Kemudian apabila dilakukan dilingkungan rumah, koordinasikan dengan tetangga sekitar, RT, RW, Kepala Dusun atau kelurahan untuk kelancaran acara. Gedung siang range 10-20jt.

5. Makanan dan Minuman

Tentukan menu makanan dan minuman, apakah Anda akan menyajikan makanan formal atau makanan ringan. Anda juga perlu memilih penyedia makanan. Tes makanan sangat penting untuk tahu rasa makanan. Beberapa vendor memperbolehkan kamu menghadiri pernikahan yang vendor hidangannya mereka. Perhatikan untuk hidangan pernikahan jangan sampai kurang. Estimasi dengan 2x jumlah undangan plus keluarga. Range 20-30jt

6. Dekorasi

Pilih tema dekorasi dan desain yang sesuai dengan gaya pernikahan Anda. Mintalah katalog pada calon vendormu dan nego apabila ada beberapa yang perlu dikurangi atau ditambahkan.

7. Entertainment

Pilih hiburan seperti organ tunggal, tarian tradisional atau penyanyi untuk menghibur tamu Anda.

8. Gaya Pakaian

Pilih pakaian pengantin dan gaun pengiring pengantin. Pakaian pengantin pada pesta pernikahan harusnya lebih heboh daripada pengiring pengantin.

9. Fotografer dan Videografer

Sewa fotografer dan videografer profesional untuk mengabadikan momen-momen berharga. Tanyalah portofolio dan siapa yang akan eksekusi pada hari H. Ini penting karena fotografer yang sudah punya nama besar akan menugaskan timnya yang terjun. Range 3-5jt

10. Riasan dan Tatanan Rambut

Jadwalkan uji coba riasan dan tatanan rambut untuk memastikan Anda terlihat sempurna pada hari pernikahan. Biasanya sepaket dengan pakaian penganting. Range 3-5 jt

11. Kendaraan Pengantin

Pertimbangkan transportasi khusus, seperti mobil pengantin. Apalagi yang dari luar kota.

12. Perhiasan dan Aksesoris

Pilih perhiasan dan aksesoris yang cocok dengan gaun pengantin Anda. Biasanya sepaket dengan riasan.

13. Pemberian Oleh-Oleh / Souvenir

Siapkan pemberian oleh-oleh atau souvenir untuk tamu Anda sebagai tanda terima kasih. Range 1-2jt

14. Rencana Perjalanan Bulan Madu

Jika Anda merencanakan bulan madu setelah pernikahan, pastikan Anda merencanakannya sebelumnya.

15. Izin dan Dokumen Hukum

Pastikan semua izin pernikahan dan dokumen hukum yang diperlukan telah diproses. Koordinasikan dengan KUA tanggal dan waktunya agar ada petugas yang bisa bertugas.

16. Koordinator Pernikahan

Pertimbangkan untuk menyewa koordinator pernikahan yang akan membantu mengurus detail-detail logistik pada hari pernikahan. Beberapa hal kecil terkadang tidak dipikirkan, misal beli peniti pada hari H.

17. Musik dan Lagu

Pilih musik untuk prosesi, resepsi, dan tarian pengantin. Ini kalo ada permintaan saja karena akan menguras budget kamu.

18. Pengalihan Data Kontak

Pastikan Anda memiliki daftar kontak penting, seperti vendor, fotografer, dan koordinator pernikahan. Sampaikan waktunya dengan tepat agar tidak salah jadwal dan jangan lupa bayar DP di awal.

19. Pertimbangkan Kebutuhan Tamu

Pastikan Anda telah mempertimbangkan kebutuhan khusus tamu pesta pernikahan, seperti makanan vegetarian atau aksesibilitas. Atau kalo kamu mengundang tamu VIP misal Kepala Daerah atau atasanmu.

20. Rencana Darurat

Buat rencana darurat jika terjadi hal-hal yang tidak terduga, seperti cuaca buruk atau kegagalan teknis.

Ingatlah bahwa setiap pernikahan unik, jadi sesuaikan persiapan Kamu dengan keinginan Kamu sendiri. Juga, pertimbangkan untuk mendapatkan bantuan dari keluarga, teman, atau seorang perencana pernikahan profesional untuk mengurangi stres dan memastikan semuanya berjalan lancar pada hari besar Anda.

Selamat mencoba 🙂

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar