Jangan Salah Beli SSD, Banyak Macam Jenisnya

SSD adalah ?

Perkembangan zaman menghasilkan HDD (Hard Disk Drive) dengan versi lebih mini yaitu SSD singkatan dari solid state drive. Sama seperti HDD perangkat ini berfungsi sebagai ruang penyimpanan. Ini merupakan media penyimpanan kecepatan tinggi dengan sistem dan konsep kerja terbaru.

SSD sama halnya dengan HDD, dapat dengan mudah menyimpan berbagai data pada laptop dan komputer. Keunggulan utama kenapa orang sering menggunakan ruang penyimpanan ini adalah kecepatan aksesnya yang lebih cepat daripada HDD. Dengan cara kerja berbasis flash, memungkinkan pembacaan dan penulisan data pada SSD sangat cepat dengan bentuk lebih minimalis.

SSD sekarang mulai banyak orang gunakan sebagai ruang penyimpanan pada laptop maupun PC karena OS seperti windows 11 tentu akan lebih menguras kapasitas kecepatan Disk. Telah muncul berbagai macam tipe dari SSD di pasaran dengan harga yang cukup eksklusif karena masih tergolong baru. Maka dari itu Jangan Salah Beli SSD. Beberapa brand teknologi besar mulai berlomba lomba menciptakan perangkat ini karena memang kebutuhan masa kini.

Macam SSD

  1. SSD 2.5 Inch

Sesuai namanya, SSD jenis ini bisa mengganti HDD pada laptop maupun PC karena portnya sama berukuran 2,5 inch. Sesuai dengan namanya perangkat satu ini punya ketebalan dan format ukuran sebesar 2,5 inch, dan sering orang gunakan di laptop atau PC. Kecepatan luar biasa yang SSD 2.5 Inch tawarkan, membuat pengguna atau produsen laptop mulai menggunakan pemasangan perangkat ini. Jangan Salah Beli SSD untuk replace HDD.

Kami sendiri sudah mulai mengganti HDD dengan SSD karena memang sangat terasa apabila menggunakan windows 11. Dapat dilihat pada task manager tab disk akan sering bernilai 100. Beda cerita bila diganti menggunakan SSD, maka penggunaan laptop / pc akan lebih nyaman.

  1. SSD mSATA

Secara fisik SSD mSATA mempunyai bentuk lebih kecil dari tipe SSD lainnya. Dengan ukuran yang lebih kecil, SSD tipe ini sering ditemukan pada perangkat portable. Pengguna bisa melihatnya di beberapa perangkat seperti tablet dan digital scanner. Petakode sendiri belum pernah membongkar tablet atau digital scanner untuk melihat SSD yang terpasang. SSD jenis ini punya ukuran kurang lebih seperti kartu nama atau ID card. Keunggulan utama dari tipe ini adalah bentuknya yang mini serta konsumsi daya energi rendah. Selain itu SSD mSata juga tahan terhadap guncangan dan getaran.

  1. SSD M.2 SATA

SSD M.2 SATA merupakan media penyimpanan yang berkinerja tinggi dalam perangkat dengan konsumsi daya tak terbatas menjadi opsi terbaik untuk laptop maupun tablet. Tipe ini menawarkan kecepatan akses luar biasa dengan ukuran kecil. Terdapat dua tipe yang bisa Anda pilih yaitu M.2 atau double-sided yang menawarkan ukuran 22 mm x 60 mm dan satunya lagi M.2 satu sisi berukuran 22 mm x 80mm. Perbedaan dari kedua produk ini terlihat dari kapasitasnya, sehingga tinggal disesuaikan dengan kebutuhan.

  1. SSD PCIe

SSD PCIe menggunakan sistem kerja berbasis PCIe, dimana proses akses data ke ruangan penyimpanan akan berjalan dengan begitu cepat. Hal ini lantaran penggunaan teknologi PCI-SIG atau Special Interest Group.

Teknologi PCIe dapat mempercepat tugas dan kinerja prosesor dalam mengakses ruang penyimpanan, di mana perangkat ini bekerja sebagai cache dan menyimpan semua data secara baik dan rapi. Kemampuannya dalam mengelola semua jenia file penyimpanan membuat SSD PCIe kerap menjadi andalan.

  1. SSD M.2 NVMe

Terakhir adalah SSD NVMe merupakan singkatan dari Non-Volatile Memory Express, ini adalah standar atau protokol khusus untuk SSD dari brand terkenal seperti Dell, Samsung, sampai dengan Sandisk. NVMe memungkinkan pergerakan akses memori secara flash dan beroperasi secepat mungkin sehingga pengguna dapat merasakan pengalaman luar biasa. Petakode melihat SSD NVMe ini bisa disandingkan dengan HDD pada laptop tertentu yang mempunyai slot SSD jenis ini.

SSD NVMe dapat beroperasi di seluruh bus PCi karena mempunyai tingkat fleksibilitas tinggi yang memungkinkan percepatan maksimal dari sebuah laptop dalam melakukan aktivitas membaca serta penulisan dalam sebuah ruang penyimpanan, hal ini membuatnya kerap kali orang gunakan. SSD jenis ini juga menawarkan kemudahan dalam instalasi berbagai perangkat lunak pada system di laptop. Bentuknya kecil mirip ukuran RAM.

Sekali lagi Jangan Salah Beli SSD ya, karena beda-beda slot untuk pemasangannya.

images:

  1. Lazada
  2. Kingston
  3. Jagatreview
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar