Cara Mengawali Diet Menurunkan Berat Badan

Panik gak sih tau berat badan udah 97 kg dengan tinggi badan 178 cm. Memulai diet menurunkan berat badan bisa menjadi langkah yang menantang, tetapi dengan pendekatan yang tepat, Kamu dapat mencapai tujuan Kamu. Berikut adalah beberapa langkah untuk memulai diet penurunan berat badan:

1. Tetapkan Tujuan yang Realistis

Tentukan tujuan penurunan berat badan yang realistis dan terukur. Hindari menetapkan target yang terlalu ambisius. Ingatlah bahwa penurunan berat badan yang sehat adalah sekitar 0,5-1 kg per minggu. Kami mengawali program diet pada Desember 2022. Pada minggu pertama memang benar turun 1kg tanpa diet ekstrem.

2. Konsultasikan dengan Ahli Gizi atau Dokter

Jika Kamu memiliki kondisi medis tertentu atau ragu tentang jenis diet yang sesuai untuk Kamu, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter. Mereka dapat memberikan panduan khusus sesuai kebutuhan Kamu. Setiap orang berbeda treatmentnya terutama yang mempunyai penyakit bawaan.

3. Pilih Jenis Diet yang Tepat

Ada banyak jenis diet yang berbeda, seperti diet rendah karbohidrat, diet tinggi protein, atau diet mediterania. Pilihlah jenis diet yang sesuai dengan preferensi makanan Kamu dan yang dapat Kamu pertahankan dalam jangka panjang. Inget jangka panjang! Kami melakukan diet dengan cara makan nasi hanya siang hari sedangkan pagi dan malam cukup dengan makan buah. Tidak terlalu sulit karena perut tetap kenyang.

4. Buat Rencana Makan

Buat rencana makan yang seimbang dengan memasukkan berbagai jenis makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak sehat, serat, dan vitamin. Pastikan untuk mengendalikan porsi makanan Kamu. Kadang porsi makan bisa tidak terkendali, atasi dengan minum air yang banyak atau makan buah.

5. Kurangi Kalori Secara Bertahap

 Jika Kamu terbiasa dengan pola makan yang tinggi kalori, kurangi kalori secara bertahap untuk menghindari perasaan lapar yang berlebihan. Ini juga membantu tubuh Kamu beradaptasi dengan perubahan. Minggu pertama mungkin berat, tetapi percayalah setelah itu kamu bisa mengendalikan rasa laparmu.

6. Hindari Makanan Prosesan dan Makanan Cepat Saji

Kurangi konsumsi makanan yang tinggi gula tambahan, garam, dan lemak trans. Makanan olahan dan makanan cepat saji cenderung memiliki kandungan kalori yang tinggi. Makan makanan alami seperti nasi, ayam, sayur, buah. Tentu dengan versi aslinya, bukan olahan seperti sosis, sarden dan lainnya.

7. Perbanyak Sayuran dan Buah-buahan

Sayuran dan buah-buahan rendah kalori, tinggi serat, dan kaya nutrisi. Sertakan lebih banyak sayuran dan buah-buahan dalam makanan Kamu. Sayur dan buah-buahan lebih cepat dicerna daripada makanan tinggi karbo atau ultraprocessed food.

8. Minum Air Secukupnya

Pastikan untuk minum cukup air sepanjang hari. Terkadang, rasa haus bisa disalahartikan sebagai rasa lapar. Minum minimal 3L per hari untuk kebutuhan tubuhmu.

9. Lakukan Olahraga Teratur

 Gabungkan diet Kamu dengan aktivitas fisik teratur. Olahraga membantu membakar kalori, meningkatkan metabolisme, dan menjaga otot Kamu tetap sehat. Kami mencoba olahraga teratur dan terbukti ketika tidur, tubuh tetap membakar kalori dan berat badan berkurang sekitar 1-2 kg.

10. Pantau Makanan Kamu

Catat makanan dan minuman yang Kamu konsumsi sehari-hari. Ini akan membantu Kamu melacak asupan kalori dan pola makan Kamu. Bisa dicoba.

11. Berikan Waktu

Ingatlah bahwa penurunan berat badan yang berkelanjutan memerlukan waktu. Jangan terlalu keras pada diri sendiri jika Kamu mengalami kemunduran atau lambat dalam melihat hasil. Menikmati proses adalah kunci. Jangan lupa dipantau dengan mengukur berat badan setiap hari.

12. Dukungan dan Motivasi

Dapatkan dukungan dari teman, keluarga, atau komunitas online yang memiliki tujuan yang sama. Berbicara dengan orang-orang yang mendukung dapat membantu Kamu tetap termotivasi.

Ingatlah bahwa diet penurunan berat badan yang efektif adalah perubahan gaya hidup jangka panjang. Fokus pada kesehatan dan keseimbangan, bukan hanya pada penurunan berat badan. Juga, sebaiknya konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum memulai diet yang drastis atau ekstrem.

Saat ini setelah melakukan diet santai, berat badan diangka 88kg. Tepat 9 bulan.

Selamat mencoba sobat diet 🙂

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar